Analisis Sistem Antrian dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Puskesmas Gunung Pati Kota Semarang

Authors

  • Christina Ary Yuniarti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Semarang
  • Mirza Fatha Fuadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Semarang
  • Fadzalika Anjani Khanifa Dini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Semarang

Keywords:

Effectiveness, Service, Queuing System

Abstract

Queuing is an activity where there is a group of people who have a goal, namely wanting to get a service by waiting or queuing and having a certain order before getting a service. The services provided must be in accordance with public service laws. People prefer the first health facility, namely the health center, so it is important to provide good services at the health center. The aim of this research is to understand the process of the service system at the Gunung Pati Community Health Center and to know the standards and quality of service at the Gunung Pati Community Health Center in order to understand how queuing theory is used at the Gunung Pati Community Health Center and to know and understand the effectiveness of using queuing theory on the service quality of the Gunung Pati Community Health Center.  This type of research is descriptive quantitative using data collection methods in the form of observations and interviews at the Gunung Pati Community Health Center. The results of this research are that the queuing system at the Gunung Pati Community Health Center, Semarang City uses Multi Channel and Single Phase queuing model analysis with a total of three (3) registration counters, including service costs (Cs), waiting time costs (Cs), total queuing service costs. (Tc).

References

Amelia, Lely. (2007). Kajian Antrian Pasien Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit PMI Bogor. Skripsi Departemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Andani. (2022). Analisis Antrian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Saat Pandemi Covid 19 di Rumah Sakit X. Volume 12(1). Diakses dari https://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/1496

Dwitama, E. (2016). Analisis Sistem Antrian Pada Loket Pendaftaran Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diakses dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/56350/Analisis-Sistem-Antrian-pada-Loket-Pendaftaran-Pasien-di-Rumah-Sakit-Umum-Daerah-DrMoewardi-Surakarta

Gross, Donald, & Harris, Carl. (2001). The Queueing Systems. New York: McGraw Hill, Inc.

Heizer, J., & Render, B. (2005). Manajemen Operasional (Edisi Ketujuh). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Heri Tri Irawan, Iing Pamungkas, & Muzakir. (2018). Penerapan Model Antrian Pada Apotek Puskesmas Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Diakses dari http://jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi/article/view/1476

Muhammad Dicky Ronaldo. (2019). Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas Pasir Mulya. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Diakses dari https://eprints.unpak.ac.id/3232/

Murodi, M. A. (2023). System Informasi Nomor Antrian Pasien Berbasis Web. Volume 10(1). Jurnal Pro Tek Info. Diakses dari https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/ProTekInfo/article/download/6508/2543

Nengsih, M. K. (2017). Analisis Sistem Antrian Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan. Management Insight, Volume 12(1). Diakses dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/Insight/article/download/7752/3928

Permenkes, Republik Indonesia. (2014). Peraturan mentri kesehatan No 75 Th 2014 tentang Puskesmas. Poerwanto Hendra. Konsep Teori Antrian. Diakses dari https://sites.google.com/site/operasiproduksi/teori-antrian

Rahayu, Sugito, & Sudarno. (2013). Analisis Antrian Pasien Rawat Inap Berdasarkan Spesialisasi Penyakit Di RSUP Dr Kariadi Semarang, Jurnal Gaussian, Volume 2(4).

Robiati, P. (2015). Analisis Sistem Antrian Seri Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Optimalisasinya (Studi kasus Di Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang). Diakses dari https://lib.unnes.ac.id/21606/1/4111411002-S.pdf

Rusdi. (2014). Analisis Penerapan Sistem Antrian Model Multiple Channel Query System (M/M/S) Pada Bagian Registrasi Pasien Di RSUD Salewanganag Maros. Skripsi Departemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Univesitas Hasanuddin Makassar: Makassar.

Sofyan, A. (2019). Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Loket Pendaftaran pada Puskesmas Bogor Utara. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Diakses dari https://jom.unpak.ac.id/index.php/ilmumanajemen/article/view/2121

Wati. (2017). Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan Dengan Menggunakan Metode Waiting Line, Jurnal Techno Nusa Mandiri, Volume 14(2).

Published

2024-06-26

How to Cite

Christina Ary Yuniarti, Mirza Fatha Fuadi, & Fadzalika Anjani Khanifa Dini. (2024). Analisis Sistem Antrian dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Puskesmas Gunung Pati Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kesehatan Dan Teknologi, 1(2), 01–17. Retrieved from https://ejournal.stikessemarang.ac.id/index.php/abdikestek/article/view/12